Hindari Makan Menjelang Jam Tidur

Selalu makan pada waktu yang sama setiap harinya dan hindari makan saat jam tidur, jika tidak ingin bobot tubuh meningkat. Karena, penelitian dari Northwestern University, Amerika Serikat menemukan makan tidak teratur bisa memicu peningkatan berat badan.

Peneliti juga mengatakan sebuah kesalahan besar makan di tengah malam, ketika tubuh ingin tidur. Hal itu dapat menggangu ritme circadian (suatu ritme perubahan fungsi-fungsi tubuh individu yang terjadi dalam waktu 24 jam) saat tidur.

“Alasan mengapa berat badan seseorang bisa meningkat, cukup rumit. Tetapi, sangat jelas pertimbangan bukan hanya kalori yang masuk tetapi juga yang keluar,” kata Fred Turek, profesor neurobiologi dan psikologi, seperti dikutip dari Times of India.

“Kami pikir ada beberapa faktor yang di bawah kontrol circadian. Waktu makan yang lebih tepat dan baik, dapat menjadi elemen penting dalam memperlambat atau mengurangi risiko obesitas,” katanya.

Selama penelitian, para ilmuwan mengamati tikus yang diberi makanan tinggi lemak selama jam tidur, berat badannya meningkat signifikan. Hal itu dibandingkan dengan tikus yang diberi makanan yang sama tetapi bukan pada jam tidur.

“Salah satu fokus penelitian kami adalah pekerja shift, yang cenderung kelebihan berat badan. Jadwal memaksa mereka untuk makan di saat yang bertentangan dengan irama alami tubuh,” kata Deanna M. Arble, salah satu peneliti.

sumber: VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: