iPhone Baik Untuk Perkembangan Balita

Majalah Boston Globe bulan November menerbitkan sebuah studi yang mengatakan bahwa penggunaan iPhone atau smartphone dapat membantu perkembangan seorang balita jika dilakukan dengan metode dan aplikasi yang tepat. Sepertinya hal yang biasa jika para orang tua menjauhkan anak-anak dari televisi maupun peralatan teknologi lainnya.

Alasan yang paling sering dikatakan umumnya menyangkut perkembangan yang tidak natural jika dipadukan dengan sebuah perangkat elektronik. Bahwa perkembangan dini sebaiknya dilakukan melalui aktivitas seperti permainan tradisional, berinteraksi dengan sesama balita, bermain dengan orang tua atau keluarga, dan lain sebagainya.

Walau tidak ada yang membantah alasan tersebut dan memang itu adalah cara terbaik, namun tidak ada salahnya jika kini teknologi mulai diintegrasikan dengan perkembangan anak. Tidak semua keluarga memiliki keleluasaan bagi anaknya untuk bermain di taman, berinteraksi dengan anak lain, dan sebagainya.

Di sebuah supermarket misalnya, jika berbelanja hanya berdua dengan anak, kadang agak sulit untuk mengawasinya dan memastikan agar dia tidak berlarian sendiri. Namun jika diberi sebuah gadget seperti iPhone, iPod touch, Nintendo DS, PSP atau lainnya, akan menjadi lebih mudah dan perhatiannya akan terpusat kepada yang ada di genggamannya.

Anak-anak sangat tertarik menekan tombol-tombol seperti tombol elevator atau saklar lampu. Mereka akan berlomba untuk menekannya bahkan bagi seorang balita. Ketertarikan ini berlaku juga jika mereka diberikan sebuah iPhone. Bagi yang belum pernah menggunakannya akan memutarbalikkan iPhone tersebut dan dengan cepat mengerti apa yang harus dilakukan untuk mengaktifkannya.

Dengan aplikasi, game, dan pengawasan yang tepat, memberikan smartphone kepada balita tidak hanya baik bagi anak namun juga bagi rasa percaya diri orang tua dalam mengawasi anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: