Mengatasi Ponsel Yang Terendam Air

Mungkin kamu tipe orang yang P2S (Pengguna Ponsel Sejati), hingga tiap saat ponsel kamu dipergunakan termasuk juga pada saat jam kerja.

Saya ingin kasih tips pertolongan pertama ponsel yang tercebur:

  1. Segera cabut baterai ponsel dan jangan pernah menyalakan ponsel ketika masih basah karena bisa menyebab terjadinya korslet sehingga bisa rusaknya komponen ponsel.
  2. Ambil kain yang kering untuk mengeringkan ponsel, jangan lupa buka casingnya dan keringkan layar serta tombol ponsel menggunakan kain kering tersebut.
  3. Ambil hair dryer atau kipas angin (sekitar 15-30 menit) untuk membantu mengeringkan ponsel. Ingat berilah jarak antara hair dryer dengan komponen ponsel, jangan terlalu dekat (kira-kira 15-30cm) karena bisa mempengaruhi komponen IC. Kalau tidak ada hair dryer, bisa juga menjemur ponsel di terik siang hari agar ponsel benar-benar kering, tetapi harus dipisahkan antara baterai dengan ponsel.
  4. Bila ponsel kamu telah benar-benar kering, selanjutnya pasang kembali baterai ponsel, dan coba nyalakan. Kalau kamu melihat cahaya dari keypad ponsel (bukan dari layar), ini adalah pertanda baik. Karena berarti ponsel kamu masih bisa dipakai.
  5. Cobalah menekan nomor telepon seperti biasa, walaupun kondisi layar masih dalam keadaan gelap. Kalau ada nada panggilan, itu artinya layar akan kembali normal.

Cara ini sudah dipraktekkan secara pribadi waktu HP terendam air dan berhasil menyelamatkan HP tersebut. Semoga berguna!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: