Cek Penggunaan Identitas di Dunia Maya

Untuk mendaftarkan diri di layanan yang ada di dunia maya, tiap pengguna perlu identitas atau yang sering disebut dengan user ID. Identitas ini biasanya tidak selalu berupa nama asli, tetapi bisa juga menggunakan nick (nickname) atau nama samaran.

Bagi beberapa orang, nickname merupakan identitas yang khas untuk dirinya, seperti layaknya nomor KTP. Bagi pengguna seperti ini, di setiap situs yang ia daftar, ia menggunakan user ID yang sama. Selain untuk kemudahan, reputasi dari nick atau user ID yang khas bisa dibangun, ke arah yang diinginkan si pemilik nickname.

Masalahnya, saat ini situs yang menyediakan berbagai layanan jumlahnya kian banyak. Seorang pengguna mungkin sudah lupa apakah ia sudah pernah mendaftarkan diri di Yahoo, Gmail, Facebook, atau WordPress, misalnya. Daripada susah payah mengingatnya, gunakan saja jasa Usernamecheck untuk mencari di mana saja Anda pernah mendaftar.

Caranya sangat mudah. Kunjungi situs Usernamecheck di www.usernamecheck.com lalu masukkan nick atau user ID yang biasa Anda gunakan. Maka secara otomatis, dalam beberapa menit saja ia akan menyebutkan di mana saja nickname yang bersangkutan pernah mendaftarkan diri. Kalau Anda yakin Anda belum pernah mendaftarkan sebuah user ID di situs tertentu, bisa jadi orang lain yang menggunakannya. Gampang kan?

Saat ini Usernamecheck mampu melacak ke 68 situs layanan untuk mencari user ID yang Anda maksud.

sumber: VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: