Hindari Hamil Anggur Dengan Vitamin A

Mola Hydatidosa dikenal masyarakat awam sebagai hamil anggur. Hamil anggur adalah kehamilan abnormal berupa pertumbuhan berlebih dari sel-sel plasenta atau ari-ari yang berbentuk gelembung-gelembung seperti buah anggur. Penyebab pasti dari penyakit ini sebenarnya masih misteri.

“Penyebab hamil anggur masih misteri. Bersadaskan penelitian yang kami lakukan, salah satunya yang diduga kuat sebagai penyebab terjadinya hamil anggur adalah kekurangan vitamin A,” kata Andrijono dalam pidato pengukuhannya sebagai guru besar FKUI di aula FKUI di Salemba, Jakarta Pusat, Sabtu 5 Juni 2010.

Lebih lanjut Andrijono menjelaskan seseorang yang kekurangan asupan vitamin A resiko terkena hamil anggur akan lebih besar daripada seseorang wanita yang cukup mengosumsi vitamin A.

“Resiko perempuan hamil menderita hamil anggur 6,8 kali lebih besar jika kadar vitamin A dalam darahnya kurang. Resiko itu dapat meningkat tujuh kali jika kehamilannya adalah untuk pertama kali,” ucapnya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan sejak tahun 1990, terlihat dari 73,13 persen penderita hamil anggur deposit vitamin A-nya berada di bawah normal. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Vitamin A dapat meningkatkan proses kesembuhan serta mencegah terjadinya kanker.

“Saya melakukan penelitian sejak tahun 1990 sampai 2006. Sampai sekarang yang sudah terbukti hamil anggur disebabkan oleh kurangnya vitamin A,’ ujarnya.

Cara yang mudah bagi ibu hamil agar tidak terkena hamil anggur, menurut Andrijono adalah dengan banyak mengosumsi makanan yang mengandung vitamin A.

“Kalau hamil asupan vitamin A harus cukup. Mudah saja mendapatkannya. Konsumsi saja sayur-saturan berwarna merah, seperti tomat, wortel atau dari jenis-jenis ikan,” urainya.

sumber: VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: