Obat Terbaik Dari Ibu Untuk Anak

Berbahagialah anak yang dibesarkan seorang ibu yang penuh kasih sayang. Anak yang tumbuh dari seorang ibu penuh kasih berpengaruh positif terhadap kesehatannya, bahkan hingga dewasa. Temuan terbaru menunjukkan pengalaman anak di usia dini mempengaruhi imunitas tubuh dan kekebalan terhadap penyakit.

Steven Cole, Ahli Biologi Molekul di University of California, Los Angeles yang melakukan penelitian terhadap 53 orang dewasa dengan hidup dalam lingkungan miskin di masa kanak-kanak mereka  menemukan hubungan antara masa kecil yang penuh kasih sayang dengan tingkat kesehatan saat dewasa.

Orang dewasa yang mempunyai penanda genetik ibu dan miliki hubungan hangat dengan ibu memiliki lebih sedikit peradangan dan imunitas atau daya tahan tubuh lebih baik. Penanda genetik adalah molekul gen aktif yang berubah menjadi protein pemicu radang. “Temuan menyimpulkan adanya hubungan erat antara tingkat stres lingkungan dengan peradangan dan penyakit kronis.”

Peradangan kronis terkait sejumlah kondisi termasuk penyakit jantung, diabetes, depresi dan kanker. Peradangan yang terjadi dalam tubuh meningkatkan risiko penyakit. Misalnya, wanita yang selamat dari kanker payudara memiliki tingkat peradangan dua kali lipat yang bisa memicu risiko kanker kambuh.

Studi yang dilansir pada jurnal online Molekular Psikiatri, menunjukkan, hubungan yang hangat dalam keluarga dapat melindungi anak-anak terhadap bahaya negatif walaupun tumbuh di lingkungan yang relatif miskin.

“Lingkungan buruk bahkan bisa diatasi dengan orangtua yang baik. Kekebalan tubuh sejak dini berlangsung selama puluhan tahun dan tertanam dalam gen,” kata Cole.

Pada studi lainnya dalam Psychological Science, para peneliti menemukan, gadis remaja yang tumbuh dalam lingkungan keluarga tidak harmonis memiliki tingkat peradangan lebih tinggi dibandingkan gadis yang tumbuh dalam keluarga stabil.

sumber: VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: