Trik Atasi Bekas Gigitan Serangga

Tak hanya membuat kulit gatal, gigitan serangga juga bisa menyebabkan kulit bengkak atau bentol. Jika terlanjur digigit serangga, seperti nyamuk, lebah atau semut merah, tangani masalah dengan ramuan dari dapur Anda.

Praktekkan cara mempersiapkan ramuan untuk mengatasi bekas gigitan serangga dalam sekejap:

1. Cuka apel
Segera setelah disengat serangga, rendam daerah gigitan dengan sari cuka apel selama beberapa menit. Atau, gunakan kapas yang dicelupkan ke dalam cuka apel, lalu tempelkan kapas pada daerah sengatan. Cara ini bisa membantu mengurangi bengkak atau kemerahan akibat gigitan serangga.

2. Aspirin
Gunakan bagian belakang sendok untuk menghaluskan satu atau dua tablet aspirin di piring kecil. Tambahkan air secukupnya, lalu aduk hingga menyerupai pasta. Lalu, oleskan ramuan di lokasi kulit yang tersengat serangga. Dijamin kemerahan atau bengkak dikulit akan berkurang, karena aspirin membantu menetralkan racun.

3. Es
Masukkan es ke dalam kantung plastik. Lalu, tempelkan kantung berisi es itu pada bekas gigitan. Es bisa membantu memperlambat pembengkakan. Anda juga bisa menggunakan handuk kecil yang diisi es batu, lalu tempelkan pada bekas gigitan selama 20 menit.

4. Pepaya
Pepaya mengandung enzim yang dapat menetralkan racun serangga. Jika Anda kebetulan memiliki pepaya, cukup gunakan pepaya iris untuk ditempelkan pada kulit yang tersengat serangga selama kurang lebih satu jam.

5. Baking Soda
Baking soda atau soda kue dapat meredakan peradangan dan bengkak. Caranya, campur soda kue dengan body lotion, kemudian oleskan pada daerah sensitif. Atau, Anda dapat mencampurkan satu sendok teh dengan soda kue dalam segelas air, biarkan larut. Kemudian, celupkan kain atau kapas pada larutan, dan tempelkan pada kulit selama 20 menit.

6. Bawang putih
Potong atau gerus satu siung bawang putih, lalu aplikasikan pada daerah bekas disengat. Bawang putih mengandung enzim yang mampu memecah inflamasi senyawa, sehingga bisa meredakan bekas gigitan serangga.

sumber: VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: