Biarkan Komputer Mati Secara Otomatis

Bagi Anda yang sering meninggalkan komputer untuk rapat di ruangan lain atau melakukan aktivitas lainnya, aplikasi ini bisa menghemat listrik dan kinerja komputer. Namanya AMP Win OFF.

Program ini hanya diperuntukkan bagi pengguna Windows, khususnya Windows 2000, XP, dan Vista. WinOFF, bisa menjadwalkan shut down (mematikan) komputer sesuai waktu yang diinginkan.

Shut down bisa diatur pada waktu dan periode tertentu (misalnya setiap pukul sekian, atau setiap beberapa menit/ jam sekali).

Selain itu, software berukuran 756 KB itu, juga bisa memprogram komputer untuk melakukan shut down, ketika prosesor sedang tak bekerja atau idle.

Selain penjadwalan shutdown, program ini juga bisa menjadwalkan restart, suspend, hibernate atau lock. Ia juga bisa menginstruksikan mode-mode shutdown di atas secara langsung.

Anda dapat menggunakan program ini dengan menjalankan langkah-langkah berikut:

  • Buka situs WinOFF
  • Tekan tombol Download di bagian atas, lalu akan muncul kotak dialog WinOFF Setup.exe. Kemudian tekan Save File
  • Lakukan instalasi program tersebut
  • Jalankan WinOFF dengan mencarinya pada tombol Start lalu ke All Programs, kemudian klik pada WinOFF

Tampilan Menu Win OFF

  • Untuk melakukan penjadwalan shutdown, pilih jenis shutdown yang diinginkan (power off, restart, suspend, hibernate, atau lock), kemudian beri tanda contreng pada kotak Enabled di menu ‘Shut down system at’, dan tentukan waktu yang dikehendaki
  • Untuk melakukan shutdown dengan penghitungan mundur, pilih jenis shutdown yang diinginkan (power off, restart, suspend, hibernate, atau lock), kemudian beri tanda contreng pada kotak Enabled di menu ‘Shut down system in’, dan tentukan waktu yang dikehendaki
  • Untuk melakukan shutdown di saat prosesor tidak bekerja, pilih jenis shutdown yang diinginkan (power off, restart, suspend, hibernate, atau lock), beri tanda contreng pada kotak Enabled di menu ‘Shut down system when the CPU is idle’ dan tentukan persentase utilisasi prosesor serta batas waktu idle prosesor
  • Setelah penyetelan rampung, tekan tombol Activate

Status pengingat WinOFF

  • Kemudian akan muncul display pengingat di sebelah kanan bawah untuk menunjukkan status aktivasi shutdown

Peringatan WinOFF

  • Menjelang eksekusi shutdown, akan muncul kotak peringatan yang menyediakan opsi pembatalan eksekusi. Bila pengguna tak menekan tombol Cancel, eksekusi mode shutdown (power off, restart, suspend, hibernate atau lock), akan dilanjutkan, dan layar komputer Anda akan berubah menjadi gelap.

sumber: VIVAnews

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: